Rabu, 18 April 2018

RPP MATEMATIKA UMUM KELAS XI KURIKULUM 2013 SEMESTER GANJIL


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                   :SMA  NEGERI 1 BANDAR
Mata Pelajaran         : MATEMATIKA
Kelas/Semester         : XI/GENAP
Materi Pokok            : Induksi Matematika
Alokasi Waktu           : 2 Minggu x 4 Jam Pelajaran @45 Menit

    Kompetensi Inti
KI 3:Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya,dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dankejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajianyang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untukmemecahkan masalah
        KI4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah  abstrak terkait     dengan pengembangan dari yang dipelajarinya disekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan


    Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar    Indikator
3.1 Menjelaskan metode pembuktian pernyataan matematis berupa barisan, ketidaksamaan,keterbagian dengan induksi
matematika.
    3.1.1 Merancang formula untuk suatu pola barisan
bilangan.
3.1.2 Menjelaskan prinsip induksi matematika.
3.1.3 Membuktikan formula suatu barisan bilangan
dengan prinsip induksi matematika.
3.1.4 Membuktikan formula keterbagian bilangan
dengan prinsip induksi matematika.
3.1.5 Membuktikan formula bentuk ketidaksamaan
bilangan dengan prinsip induksi matematika.

4.1 Menggunakan metode pembuktian induksi matematika untuk menguji pernyataan matematis berupa barisan,ketidaksamaan,keterbagian    4.1.1 Menerapkan prinsip induksi matematika
untuk membuktikan kebenaran formula suatu barisan bilangan.
4.1.2 Menerapkan prinsip induksi matematika untuk menyelidiki kebenaran suatu formula.
4.1.3 Menerapkan prinsip induksi matematika untuk membuktikan keterbagian bilangan.
4.1.4 Menerapkan prinsip induksi matematika untuk membuktikan ketidaksamaan bilangan


    Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
1. Melatih siswa menumbuhkan sikap perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif, berani bertanya, berpendapat, dan menghargai pendapat orang lain dalam aktivitas sehari-hari.
2. Menunjukkan rasa ingin tahu dalam memahami konsep dan menyelesaikanmasalah.
3. Menjelaskan prinsip induksi matematika.
4. Menjelaskan langkah-langkah pembuktian suatu formula dengan prinsip induksi matematika.
5. Merancang formula dari suatu pola barisan bilangan.
6. Membuktikan kebenaran formula suatu barisan bilangan dengan prinsip induksi matematika.
7. Membuktikan kebenaran keterbagian pola bilangan.
8. Membuktikan kebenaran ketidaksamaan pola bilangan.
9. Menyelidiki kebenaran formula suatu pola bilangan
    Materi Pembelajaran
INDUKSI MATEMATIKA
    Pengantar Induksi Matematika
    Prinsip Induksi Matematika
    Bentuk-Bentuk Penerapan Induksi Matematika
    Penerapan Induksi Matematika pada Barisan Bilangan
    Penerapan Induksi Matematika pada Keterbagian
    Penerapan Induksi Matematika pada Ketidaksamaan (Ketaksamaan)
    Metode Pembelajaran
1)  Pendekatan           : Saintifik
2)  Model Pembelajaran     : Discovery learning, Problem Based Learning (PBL)
3)  Metode            : Tanya jawab, wawancara, diskusi dan bermain peran

    Media Pembelajaran
Media :
    Worksheet atau lembar kerja (siswa)
    Lembar penilaian

Alat/Bahan :
    Penggaris, spidol, papan tulis
    Laptop & infocus

    Sumber Belajar
    Buku Matematika Siswa Kelas XI, Kemendikbud, tahun 2016
    Internet
    Buku refensi yang relevan,
    LCD Proyektor
    Lingkungan setempat

    Langkah-Langkah Pembelajaran

1 . Pertemuan Pertama  (2 x 45 Menit)
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
Guru :
Orientasi
    Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
    Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
    Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
    Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
    Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
    Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
    Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
    Apabila materitema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi : Pengantar Induksi Matematika
    Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
    Mengajukan pertanyaan
Pemberian Acuan
    Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
    Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
    Pembagian kelompok belajar
    Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
Kegiatan Inti ( 60 Menit )
Sintak Model Pembelajaran    Kegiatan Pembelajaran
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)    KEGIATAN LITERASI
    Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Pengantar Induksi Matematika
 dengan cara :
    Melihat (tanpa atau dengan Alat)
Menayangkan gambar/foto/video yang relevan.
    Mengamati
    Lembar kerja materi Pengantar Induksi Matematika
    Pemberian contoh-contoh materi Pengantar Induksi Matematika untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
    Membaca.
    Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Pengantar Induksi Matematika
    Menulis
    Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Pengantar Induksi Matematika

    Mendengar
    Pemberian materi Pengantar Induksi Matematika oleh guru.
    Menyimak
Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :
    Pengantar Induksi Matematika untuk melatih rasa syukur,kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)    CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
    Mengajukan pertanyaan tentang materi :Pengantar Induksi Matematika
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
Data
collection
(pengumpulan
data)    KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
    Mengamati obyek/kejadian
    Mengamati dengan seksama materi Pengantar Induksi Matematika yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
    Membaca sumber lain selain buku teks
    Secara disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi Pengantar Induksi Matematika yang sedang dipelajari.
    Aktivitas
    Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Pengantar Induksi Matematika yang sedang dipelajari.
    Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
    Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan Pengantar Induksi Matematika yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.

COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:
    Mendiskusikan
    Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Pengantar Induksi Matematika
    Mengumpulkan informasi
    Mencatat semua informasi tentang materi Pengantar Induksi Matematika yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
    Mempresentasikan ulang
    Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya Pengantar Induksi Matematika  sesuai dengan pemahamannya.
    Saling tukar informasi tentang materi :Pengantar Induksi Matematika
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Data
processing
(pengolahan
Data)    COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
    Berdiskusi tentang data dari Materi : Pengantar Induksi Matematika
    Mengolahinformasi dari materi Pengantar Induksi Matematika yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
    Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Pengantar Induksi Matematika
Verification
(pembuktian)    CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
    Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :Pengantar Induksi Matematika
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
Generalization
(menarik
kesimpulan)    COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
    Menyampaikan hasil diskusi  tentang materi  Pengantar Induksi Matematika
 berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
    Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi : Pengantar Induksi Matematika
    Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Pengantar Induksi Matematika dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
    Bertanya atas presentasi tentang materi Pengantar Induksi Matematika yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.

CREATIVITY (KREATIVITAS)
    Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
    Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang materi : Pengantar Induksi Matematika
    Menjawab pertanyaan tentang materi Pengantar Induksi Matematika yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
    Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi Pengantar Induksi Matematika yang akan selesai dipelajari
    Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Pengantar Induksi Matematika yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.

    Catatan : Selama pembelajaran Pengantar Induksi Matematika berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme,  disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan
Kegiatan Penutup (15 Menit)
Peserta didik :
    Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Pengantar Induksi Matematika yang baru dilakukan.
    Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Pengantar Induksi Matematika yang baru diselesaikan.
    Mengagendakan materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
    Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa untuk materi pelajaran Pengantar Induksi Matematika
    Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Integral Pengantar Induksi Matematika
    Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran Pengantar Induksi Matematika kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.

2. Pertemuan Kedua (2 x 45 Menit)
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
Guru :
Orientasi
    Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
    Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
    Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
    Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
    Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
    Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
    Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
    Apabila materi tema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi : Prinsip induksi matematika
    Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
    Mengajukan pertanyaan
Pemberian Acuan
    Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
    Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
    Pembagian kelompok belajar
    Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
Kegiatan Inti ( 60 Menit )
Sintak Model Pembelajaran    Kegiatan Pembelajaran
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)    KEGIATAN LITERASI
    Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Prinsip induksi matematika dengan cara :
    Melihat (tanpa atau dengan Alat)
Menayangkan gambar/foto/video yang relevan.
    Mengamati
    Lembar kerja materi Prinsip induksi matematika
    Pemberian contoh-contoh materi Prinsip induksi matematika untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
    Membaca.
    Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Prinsip induksi matematika
    Menulis
    Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Prinsip induksi matematika
    Mendengar
    Pemberian materi Prinsip induksi matematika oleh guru.
    Menyimak
Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi : Prinsip induksi matematika untuk melatih rasa syukur,kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)    CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
    Mengajukan pertanyaan tentang materi : Prinsip induksi matematika
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
Data
collection
(pengumpulan
data)    KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
    Mengamati obyek/kejadian
    Mengamati dengan seksama materi Prinsip induksi matematika yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
    Membaca sumber lain selain buku teks
    Secara disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi Prinsip induksi matematika yang sedang dipelajari.
    Aktivitas
    Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Prinsip induksi matematika yang sedang dipelajari.
    Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
    Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Prinsip induksi matematika yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.


COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:
    Mendiskusikan
    Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Prinsip induksi matematika.
    Mengumpulkan informasi
    Mencatat semua informasi tentang materi Prinsip induksi matematika yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
    Mempresentasikan ulang
    Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya Prinsip induksi matematika sesuai dengan pemahamannya.
    Saling tukar informasi tentang materi : Prinsip induksi matematika dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Data
processing
(pengolahan
Data)    COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
    Berdiskusi tentang data dari Materi : Prinsip induksi matematika
    Mengolahinformasi dari materi Prinsip induksi matematika yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
    Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Prinsip induksi matematika
Verification
(pembuktian)    CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi : Prinsip induksi matematika antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
Generalization
(menarik
kesimpulan)    COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
    Menyampaikan hasil diskusi  tentang materi Notasi Integral  berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
    Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi : Prinsip induksi matematika
    Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Prinsip induksi matematika dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
    Bertanya atas presentasi tentang materi Prinsip induksi matematika yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.

CREATIVITY (KREATIVITAS)
    Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
    Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang materi : Prinsip induksi matematika
    Menjawab pertanyaan tentang materi Prinsip induksi matematika yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
    Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi Prinsip induksi matematika yang akan selesai dipelajari
    Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Prinsip induksi matematika yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.

    Catatan : Selama pembelajaran Prinsip induksi matematika berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme,  disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan
Kegiatan Penutup (15 Menit)
Peserta didik :
    Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Prinsip induksi matematika yang baru dilakukan.
    Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Prinsip induksi matematika yang baru diselesaikan.
    Mengagendakan materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
    Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa untuk materi pelajaran Prinsip induksi matematika
    Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Prinsip induksi matematika.
    Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran Prinsip induksi matematika kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.

3. Pertemuan ketiga (2 x 45 Menit)
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
Guru :
Orientasi
    Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
    Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
    Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
    Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
    Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
    Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
    Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
    Apabila materitema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi : Penerapan induksi matematika pada barisan
    Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
    Mengajukan pertanyaan
Pemberian Acuan
    Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
    Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
    Pembagian kelompok belajar
    Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
Kegiatan Inti ( 60 Menit )
Sintak Model Pembelajaran    Kegiatan Pembelajaran
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)    KEGIATAN LITERASI
    Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Penerapan induksi matematika pada barisan
dengan cara :
    Melihat (tanpa atau dengan Alat)
Menayangkan gambar/foto/video yang relevan.
    Mengamati
    Lembar kerja materi Penerapan induksi matematika pada barisan
    Pemberian contoh-contoh materi Penerapan induksi matematika pada barisan untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
    Membaca.
    Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Penerapan induksi matematika pada barisan
    Menulis
Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Penerapan induksi matematika pada barisan.
    Mendengar
    Pemberian materi Penerapan induksi matematika pada barisan oleh guru.
    Menyimak
Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi : Penerapan induksi matematika pada barisan
untuk melatih rasa syukur,kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)    CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
    Mengajukan pertanyaan tentang materi Penerapan induksi matematika pada barisan
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
Data
collection
(pengumpulan
data)    KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
    Mengamati obyek/kejadian
    Mengamati dengan seksama materi Penerapan induksi matematika pada barisan
yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
    Membaca sumber lain selain buku teks
    Secara disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi Penerapan induksi matematika pada barisan
yang sedang dipelajari.
    Aktivitas
    Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Penerapan induksi matematika pada barisan yang sedang dipelajari.
    Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
    Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Penerapan induksi matematika pada barisan yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.

COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:
    Mendiskusikan
    Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Penerapan induksi matematika pada barisan
.
    Mengumpulkan informasi
    Mencatat semua informasi tentang materi Penerapan induksi matematika pada barisan
yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
    Mempresentasikan ulang
    Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya Penerapan induksi matematika pada barisan
sesuai dengan pemahamannya.
Saling tukar informasi tentang materi : Penerapan induksi matematika pada barisan dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Data
processing
(pengolahan
Data)    COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
    Berdiskusi tentang data dari Materi : Penerapan induksi matematika pada barisan
    Mengolahinformasi dari materi Penerapan induksi matematika pada barisan yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
    Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Penerapan induksi matematika pada barisan
Verification
(pembuktian)    CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
    Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi : Penerapan induksi matematika pada barisan

antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
Generalization
(menarik
kesimpulan)    COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
    Menyampaikan hasil diskusi  tentang materi Penerapan induksi matematika pada barisan berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
    Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi : Penerapan induksi matematika pada barisan
    Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Penerapan induksi matematika pada barisan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
    Bertanya atas presentasi tentang materi Penerapan induksi matematika pada barisan yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.

CREATIVITY (KREATIVITAS)
    Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang materi : Penerapan induksi matematika pada barisan
Menjawab pertanyaan tentang materi Penerapan induksi matematika pada barisan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
    Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi Penerapan induksi matematika pada barisanyang akan selesai dipelajari
    Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Penerapan induksi matematika pada barisan  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.

    Catatan : Selama pembelajaran Penerapan induksi matematika pada barisan
berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme,  disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan
Kegiatan Penutup (15 Menit)
Peserta didik :
Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Penerapan induksi matematika pada barisan yang baru dilakukan.
    Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Penerapan induksi matematika pada barisan yang baru diselesaikan.
    Mengagendakan materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
    Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa untuk materi pelajaran Penerapan induksi matematika pada barisan
    Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Penerapan induksi matematika pada barisan.
    Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran Penerapan induksi matematika pada barisan
kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
4. Pertemuan keempat (2 x 45 Menit)
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
Guru :
Orientasi
    Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
    Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
    Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
    Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
    Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
    Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
    Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
    Apabila materitema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi : Penerapan induksi matematika pada keterbagian
    Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
    Mengajukan pertanyaan
Pemberian Acuan
    Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
    Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
    Pembagian kelompok belajar
    Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
Kegiatan Inti ( 60 Menit )
Sintak Model Pembelajaran    Kegiatan Pembelajaran
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)    KEGIATAN LITERASI
    Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Penerapan induksi matematika pada keterbagian
dengan cara :
    Melihat (tanpa atau dengan Alat)
Menayangkan gambar/foto/video yang relevan.
    Mengamati
    Lembar kerja materi Penerapan induksi matematika pada keterbagian
    Pemberian contoh-contoh materi Penerapan induksi matematika pada keterbagian untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
    Membaca.
    Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Penerapan induksi matematika pada keterbagian
    Menulis
Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Penerapan induksi matematika pada keterbagian.
    Mendengar
    Pemberian materi Penerapan induksi matematika pada keterbagian oleh guru.
    Menyimak
Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi : Penerapan induksi matematika pada keterbagian
untuk melatih rasa syukur,kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)    CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
    Mengajukan pertanyaan tentang materi Penerapan induksi matematika pada keterbagian
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
Data
collection
(pengumpulan
data)    KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
    Mengamati obyek/kejadian
    Mengamati dengan seksama materi Penerapan induksi matematika pada keterbagian
yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
    Membaca sumber lain selain buku teks
    Secara disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi Penerapan induksi matematika pada keterbagian
yang sedang dipelajari.
    Aktivitas
    Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Penerapan induksi matematika pada keterbagian yang sedang dipelajari.
    Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
    Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Penerapan induksi matematika pada keterbagian yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.

COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:
    Mendiskusikan
    Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Penerapan induksi matematika pada keterbagian
.
    Mengumpulkan informasi
    Mencatat semua informasi tentang materi Penerapan induksi matematika pada keterbagian yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
    Mempresentasikan ulang
    Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya Penerapan induksi matematika pada keterbagian
sesuai dengan pemahamannya.
Saling tukar informasi tentang materi : Penerapan induksi matematika pada keterbagian dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Data
processing
(pengolahan
Data)    COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
    Berdiskusi tentang data dari Materi : Penerapan induksi matematika pada keterbagian
    Mengolahinformasi dari materi Penerapan induksi matematika pada barisan yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
    Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Penerapan induksi matematika pada keterbagian
Verification
(pembuktian)    CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
    Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi : Penerapan induksi matematika pada keterbagian

antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
Generalization
(menarik
kesimpulan)    COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
    Menyampaikan hasil diskusi  tentang materi Penerapan induksi matematika pada keterbagian berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
    Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi : Penerapan induksi matematika pada keterbagian
    Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Penerapan induksi matematika pada keterbagian dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
    Bertanya atas presentasi tentang materi Penerapan induksi matematika pada keterbagian yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.

CREATIVITY (KREATIVITAS)
    Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang materi : Penerapan induksi matematika pada keterbagian
Menjawab pertanyaan tentang materi Penerapan induksi matematika pada keterbagian yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
    Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi Penerapan induksi matematika pada keterbagian yang akan selesai dipelajari
    Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Penerapan induksi matematika pada keterbagian  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.

    Catatan : Selama pembelajaran Penerapan induksi matematika pada keterbagian
berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme,  disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan
Kegiatan Penutup (15 Menit)
Peserta didik :
    Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Penerapan induksi matematika pada keterbagian yang baru dilakukan.
    Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Penerapan induksi matematika pada keterbagian yang baru diselesaikan.
    Mengagendakan materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
    Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa untuk materi pelajaran Penerapan induksi matematika pada keterbagian
    Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Penerapan induksi matematika pada keterbagian.
    Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran Penerapan induksi matematika pada keterbagian
kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
5. Pertemuan kelima  (2 x 45 Menit)
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
Guru :
Orientasi
    Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
    Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
    Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
    Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
    Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
    Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
    Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
    Apabila materitema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi : Penerapan induksi matematika pada ketaksamaan
    Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
    Mengajukan pertanyaan
Pemberian Acuan
    Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
    Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
    Pembagian kelompok belajar
    Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
Kegiatan Inti ( 105 Menit )
Sintak Model Pembelajaran    Kegiatan Pembelajaran
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)    KEGIATAN LITERASI
    Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Penerapan induksi matematika pada ketaksamaan
dengan cara :
    Melihat (tanpa atau dengan Alat)
Menayangkan gambar/foto/video yang relevan.
    Mengamati
    Lembar kerja materi Penerapan induksi matematika pada ketaksamaan
    Pemberian contoh-contoh materi Penerapan induksi matematika pada ketaksamaan untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
    Membaca.
    Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Penerapan induksi matematika pada ketaksamaan
    Menulis
Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Penerapan induksi matematika pada ketaksamaan.
    Mendengar
    Pemberian materi Penerapan induksi matematika pada ketaksamaan oleh guru.
    Menyimak
Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi : Penerapan induksi matematika pada ketaksamaan
untuk melatih rasa syukur,kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.

Problem statemen (pertanyaan/identifikasimasalah)   
 CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
    Mengajukan pertanyaan tentang materi Penerapan induksi matematika pada ketaksamaan
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. 

Data collection (pengumpulandata) 
   KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
    Mengamati obyek/kejadian
    Mengamati dengan seksama materi Penerapan induksi matematika pada ketaksamaan
yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
    Membaca sumber lain selain buku teks
    Secara disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi Penerapan induksi matematika pada ketaksamaan
yang sedang dipelajari.
    Aktivitas
    Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Penerapan induksi matematika pada ketaksamaan yang sedang dipelajari.
    Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
    Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Penerapan induksi matematika pada ketaksamaan yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.

COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:
    Mendiskusikan
    Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Penerapan induksi matematika pada ketaksamaan
.
    Mengumpulkan informasi
    Mencatat semua informasi tentang materi Penerapan induksi matematika pada ketaksamaan
yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
    Mempresentasikan ulang
    Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya Penerapan induksi matematika pada ketaksamaan
sesuai dengan pemahamannya.
Saling tukar informasi tentang materi : Penerapan induksi matematika pada ketaksamaan dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Data
processing
(pengolahan
Data)    COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
    Berdiskusi tentang data dari Materi : Penerapan induksi matematika pada ketaksamaan
    Mengolahinformasi dari materi Penerapan induksi matematika pada ketaksamaan  yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
    Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Penerapan induksi matematika pada barisan
Verification
(pembuktian)    CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
    Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi : Penerapan induksi matematika pada ketaksamaan

antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
Generalization
(menarik
kesimpulan)    COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
    Menyampaikan hasil diskusi  tentang materi Penerapan induksi matematika pada ketaksamaan berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
    Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi : Penerapan induksi matematika pada ketaksamaan Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Penerapan induksi matematika pada ketaksamaan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
    Bertanya atas presentasi tentang materi Penerapan induksi matematika pada ketaksamaan yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.

CREATIVITY (KREATIVITAS)
    Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang materi : Penerapan induksi matematika pada ketaksamaan
Menjawab pertanyaan tentang materi Penerapan induksi matematika pada barisan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
    Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi Penerapan induksi matematika pada ketaksamaan yang akan selesai dipelajari
    Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Penerapan induksi matematika pada ketaksamaan  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.

    Catatan : Selama pembelajaran Penerapan induksi matematika pada ketaksamaan
berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme,  disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan
Kegiatan Penutup (15 Menit)
Peserta didik :
    Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Penerapan induksi matematika pada barisan yang baru dilakukan.
    Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Penerapan induksi matematika pada ketaksamaan yang baru diselesaikan.
    Mengagendakan materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
    Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa untuk materi pelajaran Penerapan induksi matematika pada ketaksamaan
    Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Penerapan induksi matematika pada ketaksamaan.
    Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran Penerapan induksi matematika pada ketaksamaan
kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.


                                               Penilaian Hasil Pembelajaran
 Penilaian Skala Sikap
Keterangan Skor:
1 = (belum terlihat), apabila peserta didik belum memperlihatkan tandatanda awal perilaku sikap yang dinyatakan dalam indikator.
2 = (mulai terlihat), apabila peserta didik mulai memperlihatkan adanya tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator tetapi belum konsisten.
3 = (mulai berkembang), apabila peserta didik sudah memperlihatkan tanda perilaku yang dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten.
4 = (membudaya), apabila peserta didik terus-menerus memperlihatkan perilaku yang dinyatakan dalam indikator secara konsisten.
Skor Maksimal = 16
Nilai = (Skor perolehan)/(skor maksimal)     x 100  %



INTRUMEN PENILAIAN SIKAP
Nama Satuan pendidikan    : SMANegeri 1 Bandar
Tahun pelajaran            : 2017/2018
Kelas/Semester            : XI  MIPA 4/ Semester 1
Mata Pelajaran        : Matematika – Umum
No    Nama Pesdik                                              ASPEK                                   Jumlah    Nilai
                                                 Kerja sama    Keaktifan    Nilai    Tanggung
Jawab       
1    ABEL SAPUTRA B                       
2    AGNES S O M                       
3    ALBERTUS N                       
4    ANWARI SANJAYA                       
5    ARMANSYAH N                       
6    ARTINA SAHXENA S                       
7    CATUR RAGA H                       
8    CHIKA NATASYAH S                       
9    CHRISTOPEL P                       
10    DARMA WAHYUDA                       
11    DEBORA H                       
12    DIMAS ANGGARA                       
13    DITYA LARASATI P                       
14    FACHRIZAL A                       
15    FADYA MILLANAYA                       
16    FRANS SIPAYUNG                       
17    FRANSISKA DEWI                       
18    IMAM PRAYOGI                       
19    MIKA RISTA                       
20    M SAPRIYALDI                       
21    NURHADIJAH H                       
22    NURUL AMALIA                       
23    OMBUN BUHAL S                       
24    PARNALALLO H                       
25    POPPY AULIA S                       
26    RARA AUDIA UTAMI                       
27    REYNOLD H SINAGA                       
28    REMINIRASI T                       
29    SILVIA AZHARI                       
30    SRI AGUSTINA                       
31    SUHARTINI                       
32    SYAFIRA AULIA A                       
33    TRISNA H                       
34    TRIE ADITYA P                       
35    WITRA AUDRIA W                       
36    WISNU PANDU ALAM                       
37    YAMALA SUFI                       
38    ZAHRO                       



INTRUMEN PENILAIAN SIKAP
Nama Satuan pendidikan    : SMANegeri 1 Bandar
Tahun pelajaran                   : 2017/2018
Kelas/Semester                   : XI  MIPA 5/ Semester 1
Mata Pelajaran                    : Matematika – Umum

No    Nama Pesdik                                            ASPEK                                          Jumlah    Nilai
                                                   Kerja sama    Keaktifan    Nilai    Tanggungjawab       
1    AFRITA                       
2    ASNITA MEIRANI M                       
3    ALIVIA NURUL A                       
4    BELLA PUSPITA LUBIS                       
5    CALYSTA PUTRI M S                       
6    CINDY O SIAHAAN                       
7    DINDA M GULTOM                       
8    DIANA                       
9    GRISA NOVITA N                       
10    ILHAM NURSABANA                       
11    JOSUA JUMANTORO                        
12    JAMIN SINAGA                       
13    LYDIA F F S                       
14    MARULI TUA SIRAIT                       
15    MUHAMMAD DEVA                       
16    NOVITA RIZKY T                       
17    NOVI ARISKA S                       
18    NICOLA A O SITORUS                       
19    PUTRI SANIA                       
20    PELITA ARIANI H                       
21    RIZKY JULIAN B                       
22    RIZKY WANTI N                       
23    ROMI TIMBUN S                       
24    RINA PARHUSIP                       
25    RISMAWATI                       
26    RONI PERWIRA                       
27    SRI FADLIATI                       
28    SALASUNNISA JAMILA                       
29    SRI WAHYUNI                       
30    SYAHRU RAMADAN                       
31    SHOFI SAPUTRI                       
32    SADRAH SEMBIRING                       
33    TIKA HANDAYANI S                       
34    TRIWENI                       
35    WINDA OKTAVIANI S                       
36    WISNU PRAYOGA                       
37    NIRPAN                       
38    M AZRI MANURUNG                       

INTRUMEN PENILAIAN SIKAP
Nama Satuan pendidikan    : SMANegeri 1 Bandar
Tahun pelajaran                  : 2017/2018
Kelas/Semester                  : XI  MIPA 6/ Semester 1
 Mata Pelajaran            : Matematika – Umum
No    Nama Pesdik                                              ASPEK                                                      Jumlah    Nilai
                                                  Kerja sama    Keaktifan    Nilai    Tanggung jawab       
1    ADISTI MUTIARA P                       
2    AKBAR MM BANCIN                       
3    ALVI DWIANSYAH S                       
4    ALDIANSYAH S                       
5    AMMA AULIA                       
6    ANGGI PRATIWI                       
7    ANJELITA N LUBIS                       
8    DHEA VATIKA SARI                       
9    EFFRIYANTI IRENE D                       
10    FAHMI ANDIKA H                       
11    FARENDILA NEIWIDI                       
12    FATWA PRAYOGA                       
13    GRESYA N SITORUS                       
14    HOTMIAN  A M M                       
15    JULI WARDANA                       
16    KEVIN ALVREDO P                       
17    KRESYA NOVIANTI S                       
18    NOPITA SARI                       
19    NOVIANTI FIDYA WARDANI                       
20    RANI AZHARI                       
21    RIZKY ENDI AZHAR                       
22    RIZKY KURNIAWAN                       
23    RISKI SITORUS                       
24    RIYANTI SITUMORANG                       
25    RIO IPAN DONI N                       
26    SITANGGANG IMMANUEL                       
27    SURYANI MANALU                       
28    SYAHRUL M SARAGIH                       
29    SION                       
30    TEGAR PRAMONO                       
31    WIRANDA S                       
32    YUSPIKA DINI                       
 




                                                                                            Perdagangan,  17    Juli 2017
Mengetahui   
Kepala SMA Negeri 1 Bandar,                                                    Guru Mata Pelajaran,


MARIANI SAMOSIR,S.Pd                                                   SULIYAH,SPd                                            
NIP. 196409201988032003                                                   NIP.197110051997022001




2. Instrumen Penilaian Pengetahuan

No    Aspek Penilaian    Rubrik Penilaian    Skor
    Kebenaran jawaban awal soal    Penyelesaian dihubungkan dengan
konsep induksi matematika    5
1        Sudah menghubungkan penyelesaian
dengan konsep induksi matematika namun
belum benar    3
        Penyelesaian sama sekali tidak dihubungkan
dengan konsep induksi matematika    1
        Tidak ada respon/jawaban    0
2    Kebenaran jawaban akhir soal    Jawaban benar    5
        Jawaban hampir benar    3
        Jawaban salah    1
        Tidak ada respon/jawaban    0
3    Proses perhitungan    Proses perhitungan benar    5
        Proses perhitungan sebagian besar benar    3
        Proses perhitungan sebagian kecil
saja yang benar    2
        Proses perhitungan sama sekali salah    1
        Tidak ada respon/jawaban    0
    Total    Skor maksimal =    15
        Skor minimal =    0


3. Instrumen Penilaian Keterampilan
(Penilaian kinerja dalam menyelesaikan tugas Presentasi)
Keterangan Skor:
Komunikasi: Sistematika Penyampaian:
1 = Tidak dapat berkomunikasi 1 = Tidak sistematis
2 = Komunikasi agak lancar, tetapi 2 = Sistematis, uraian kurang, tidak sulit dimengerti jelas
3 = Komunikasi lancar, tetapi 3 = Sistematis, uraian cukup kurang jelas dimengerti
4 = Komunikasi sangat lancar, 4 = Sistematis, uraian luas, jelas benar, dan jelas
Penguasaan Materi: Keberanian:
1 = Tidak menunjukkan 1 = Tidak ada keberanian pengetahuan/materi
2 = Sedikit memiliki 2 = Kurang berani pengetahuan/materi
3 = Memiliki pengetahuan/ 3 = Berani materi tetapi kurang luas
4 = Memiliki pengetahuan/ 4 = Sangat berani materi yang luas
Antusias:
1 = Tidak antusias
2 = Kurang antusias
3 = Antusias tetapi kurang kontrol
4 = Antusias dan terkontrol
Skor Maksimal = 20
Nilai = (Skor perolehan)/(skor maksimal)     x 100  %


INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN
Nama Satuan pendidikan    : SMANegeri 1 Bandar
Tahun pelajaran            : 2017/2018
Kelas/Semester            : XI  MIPA 4/ Semester 1
Mata Pelajaran        : Matematika – Umum


No    NamaPesdik    A s p e k    Jm
Skor    Nilai
        Komu-
nikasi    Sistematika
penyampaian    Penguasaan
Materi    Keberanian    Antusias       
1    ABEL SAPUTRA B                           
2    AGNES S O M                           
3    ALBERTUS N                           
4    ANWARI S                           
5    ARMANSYAH N                           
6    ARTINA S S                           
7    CATUR RAGA H                           
8    CHIKA N S                           
9    CHRISTOPEL P                           
10    DARMA W                           
11    DEBORA H                           
12    DIMAS A                           
13    DITYA L                           
14    FACHRIZAL A                           
15    FADYA M                           
16    FRANS S                           
17    FRANSISKA D                           
18    IMAM PRAYOGI                           
19    MIKA RISTA                           
20    M SAPRIYALDI                           
21    NURHADIJAH H                           
22    NURUL AMALIA                           
23    OMBUN BUHAL S                           
24    PARNALALLO H                           
25    POPPY AULIA S                           
26    RARA AUDIA U                           
27    REYNOLD H S                           
28    REMINIRASI T                           
29    SILVIA AZHARI                           
30    SRI AGUSTINA                           
31    SUHARTINI                           
32    SYAFIRA A                           
33    TRISNA H                           
34    TRIE ADITYA P                           
35    WITRA AUDRIA                            
36    WISNU PANDU A                           
37    YAMALA SUFI                           
38    ZAHRO                           


INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN
Nama Satuan pendidikan    : SMANegeri 1 Bandar
Tahun pelajaran            : 2017/2018
Kelas/Semester            : XI  MIPA 5/ Semester 1
Mata Pelajaran        : Matematika – Umum


No    NamaPesdik    A s p e k    Jm
Skor    Nilai
        Komu-
nikasi    Sistematika
penyampaian    Penguasaan
Materi    Keberanian    Antusias       
1    AFRITA                           
2    ASNITA MEIRANI                            
3    ALIVIA NURUL A                           
4    BELLA PUSPITA L                           
5    CALYSTA PUTRI                            
6    CINDY O S                           
7    DINDA M G                           
8    DIANA                           
9    GRISA NOVITA N                           
10    ILHAM N                           
11    JOSUA J                            
12    JAMIN SINAGA                           
13    LYDIA F F S                           
14    MARULI TUA S                           
15    MUHAMMAD D                           
16    NOVITA RIZKY T                           
17    NOVI ARISKA S                           
18    NICOLA A O S                           
19    PUTRI SANIA                           
20    PELITA ARIANI H                           
21    RIZKY JULIAN B                           
22    RIZKY WANTI N                           
23    ROMI TIMBUN S                           
24    RINA PARHUSIP                           
25    RISMAWATI                           
26    RONI PERWIRA                           
27    SRI FADLIATI                           
28    SALASUNNISA J                           
29    SRI WAHYUNI                           
30    SYAHRU R                           
31    SHOFI SAPUTRI                           
32    SADRAH S                           
33    TIKA H                           
34    TRIWENI                           
35    WINDA O                           
36    WISNU P                           
37    NIRPAN                           
38    M AZRI MANURUNG                           















INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN
Nama Satuan pendidikan    : SMANegeri 1 Bandar
Tahun pelajaran            : 2017/2018
Kelas/Semester            : XI  MIPA 4/ Semester 1
Mata Pelajaran        : Matematika – Umum


No    NamaPesdik    A s p e k    Jm
Skor    Nilai
        Komu-
nikasi    Sistematika
penyampaian    Penguasaan
Materi    Keberanian    Antusias       
1    ADISTI MUTIARA                            
2    AKBAR MM B                           
3    ALVI D                           
4    ALDIANSYAH S                           
5    AMMA AULIA                           
6    ANGGI PRATIWI                           
7    ANJELITA N L                           
8    DHEA VATIKA S                           
9    EFFRIYANTI                            
10    FAHMI ANDIKA                            
11    FARENDILA N                           
12    FATWA P                           
13    GRESYA N S                           
14    HOTMIAN  A M                            
15    JULI WARDANA                           
16    KEVIN ALVREDO                            
17    KRESYA N                           
18    NOPITA SARI                           
19    NOVIANTI FIDYA                            
20    RANI AZHARI                           
21    RIZKY ENDI A                           
22    RIZKY K                           
23    RISKI SITORUS                           
24    RIYANTI S                           
25    RIO IPAN DONI                            
26    SITANGGANG                            
27    SURYANI                            
28    SYAHRUL M S                           
29    SION                           
30    TEGAR P                           
31    WIRANDA S                           
32    YUSPIKA DINI                           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LPTQ CABDIS WILAYAH VI "SABET" 12 PIALA MTQ TINGKAT PELAJAR SMA/SMK PROVINSI SUMATERA UTARA

LPTQ Cabdis wilayah VI menyabet 12 piala dari 5 cabang lomba musabaqoh Tilawatil Qur'an tingkat pelajar SMA/SMK provinsi Sumatera Utara ...