RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
(RPP)
Sekolah :SMA NEGERI 1 BANDAR
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Kelas/Semester : XI/GENAP
Materi Pokok : Induksi Matematika
Alokasi Waktu : 2 Minggu x 4 Jam Pelajaran @45 Menit
Kompetensi Inti
KI 3:Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya,dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dankejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajianyang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untukmemecahkan masalah
KI4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya disekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar Indikator
3.1 Menjelaskan metode pembuktian pernyataan matematis berupa barisan, ketidaksamaan,keterbagian dengan induksi
matematika.
3.1.1 Merancang formula untuk suatu pola barisan
bilangan.
3.1.2 Menjelaskan prinsip induksi matematika.
3.1.3 Membuktikan formula suatu barisan bilangan
dengan prinsip induksi matematika.
3.1.4 Membuktikan formula keterbagian bilangan
dengan prinsip induksi matematika.
3.1.5 Membuktikan formula bentuk ketidaksamaan
bilangan dengan prinsip induksi matematika.
4.1 Menggunakan metode pembuktian induksi matematika untuk menguji pernyataan matematis berupa barisan,ketidaksamaan,keterbagian 4.1.1 Menerapkan prinsip induksi matematika
untuk membuktikan kebenaran formula suatu barisan bilangan.
4.1.2 Menerapkan prinsip induksi matematika untuk menyelidiki kebenaran suatu formula.
4.1.3 Menerapkan prinsip induksi matematika untuk membuktikan keterbagian bilangan.
4.1.4 Menerapkan prinsip induksi matematika untuk membuktikan ketidaksamaan bilangan
Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
1. Melatih siswa menumbuhkan sikap perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif, berani bertanya, berpendapat, dan menghargai pendapat orang lain dalam aktivitas sehari-hari.
2. Menunjukkan rasa ingin tahu dalam memahami konsep dan menyelesaikanmasalah.
3. Menjelaskan prinsip induksi matematika.
4. Menjelaskan langkah-langkah pembuktian suatu formula dengan prinsip induksi matematika.
5. Merancang formula dari suatu pola barisan bilangan.
6. Membuktikan kebenaran formula suatu barisan bilangan dengan prinsip induksi matematika.
7. Membuktikan kebenaran keterbagian pola bilangan.
8. Membuktikan kebenaran ketidaksamaan pola bilangan.
9. Menyelidiki kebenaran formula suatu pola bilangan
Materi Pembelajaran
INDUKSI MATEMATIKA
Pengantar Induksi Matematika
Prinsip Induksi Matematika
Bentuk-Bentuk Penerapan Induksi Matematika
Penerapan Induksi Matematika pada Barisan Bilangan
Penerapan Induksi Matematika pada Keterbagian
Penerapan Induksi Matematika pada Ketidaksamaan (Ketaksamaan)
Metode Pembelajaran
1) Pendekatan : Saintifik
2) Model Pembelajaran : Discovery learning, Problem Based Learning (PBL)
3) Metode : Tanya jawab, wawancara, diskusi dan bermain peran
Media Pembelajaran
Media :
Worksheet atau lembar kerja (siswa)
Lembar penilaian
Alat/Bahan :
Penggaris, spidol, papan tulis
Laptop & infocus
Sumber Belajar
Buku Matematika Siswa Kelas XI, Kemendikbud, tahun 2016
Internet
Buku refensi yang relevan,
LCD Proyektor
Lingkungan setempat
Langkah-Langkah Pembelajaran
1 . Pertemuan Pertama (2 x 45 Menit)
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
Guru :
Orientasi
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa untuk memulai pembelajaran
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
Apabila materitema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi : Pengantar Induksi Matematika
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
Mengajukan pertanyaan
Pemberian Acuan
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
Pembagian kelompok belajar
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
Kegiatan Inti ( 60 Menit )
Sintak Model Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan) KEGIATAN LITERASI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Pengantar Induksi Matematika
dengan cara :
Melihat (tanpa atau dengan Alat)
Menayangkan gambar/foto/video yang relevan.
Mengamati
Lembar kerja materi Pengantar Induksi Matematika
Pemberian contoh-contoh materi Pengantar Induksi Matematika untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
Membaca.
Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Pengantar Induksi Matematika
Menulis
Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Pengantar Induksi Matematika
Mendengar
Pemberian materi Pengantar Induksi Matematika oleh guru.
Menyimak
Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :
Pengantar Induksi Matematika untuk melatih rasa syukur,kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah) CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
Mengajukan pertanyaan tentang materi :Pengantar Induksi Matematika
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
Data
collection
(pengumpulan
data) KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
Mengamati obyek/kejadian
Mengamati dengan seksama materi Pengantar Induksi Matematika yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
Membaca sumber lain selain buku teks
Secara disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi Pengantar Induksi Matematika yang sedang dipelajari.
Aktivitas
Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Pengantar Induksi Matematika yang sedang dipelajari.
Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan Pengantar Induksi Matematika yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.
COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:
Mendiskusikan
Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Pengantar Induksi Matematika
Mengumpulkan informasi
Mencatat semua informasi tentang materi Pengantar Induksi Matematika yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Mempresentasikan ulang
Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya Pengantar Induksi Matematika sesuai dengan pemahamannya.
Saling tukar informasi tentang materi :Pengantar Induksi Matematika
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Data
processing
(pengolahan
Data) COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
Berdiskusi tentang data dari Materi : Pengantar Induksi Matematika
Mengolahinformasi dari materi Pengantar Induksi Matematika yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Pengantar Induksi Matematika
Verification
(pembuktian) CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :Pengantar Induksi Matematika
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
Generalization
(menarik
kesimpulan) COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
Menyampaikan hasil diskusi tentang materi Pengantar Induksi Matematika
berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi : Pengantar Induksi Matematika
Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Pengantar Induksi Matematika dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
Bertanya atas presentasi tentang materi Pengantar Induksi Matematika yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
CREATIVITY (KREATIVITAS)
Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang materi : Pengantar Induksi Matematika
Menjawab pertanyaan tentang materi Pengantar Induksi Matematika yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi Pengantar Induksi Matematika yang akan selesai dipelajari
Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Pengantar Induksi Matematika yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
Catatan : Selama pembelajaran Pengantar Induksi Matematika berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan
Kegiatan Penutup (15 Menit)
Peserta didik :
Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Pengantar Induksi Matematika yang baru dilakukan.
Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Pengantar Induksi Matematika yang baru diselesaikan.
Mengagendakan materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Pengantar Induksi Matematika
Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Integral Pengantar Induksi Matematika
Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran Pengantar Induksi Matematika kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
2. Pertemuan Kedua (2 x 45 Menit)
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
Guru :
Orientasi
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa untuk memulai pembelajaran
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
Apabila materi tema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi : Prinsip induksi matematika
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
Mengajukan pertanyaan
Pemberian Acuan
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
Pembagian kelompok belajar
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
Kegiatan Inti ( 60 Menit )
Sintak Model Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan) KEGIATAN LITERASI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Prinsip induksi matematika dengan cara :
Melihat (tanpa atau dengan Alat)
Menayangkan gambar/foto/video yang relevan.
Mengamati
Lembar kerja materi Prinsip induksi matematika
Pemberian contoh-contoh materi Prinsip induksi matematika untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
Membaca.
Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Prinsip induksi matematika
Menulis
Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Prinsip induksi matematika
Mendengar
Pemberian materi Prinsip induksi matematika oleh guru.
Menyimak
Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi : Prinsip induksi matematika untuk melatih rasa syukur,kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah) CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
Mengajukan pertanyaan tentang materi : Prinsip induksi matematika
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
Data
collection
(pengumpulan
data) KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
Mengamati obyek/kejadian
Mengamati dengan seksama materi Prinsip induksi matematika yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
Membaca sumber lain selain buku teks
Secara disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi Prinsip induksi matematika yang sedang dipelajari.
Aktivitas
Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Prinsip induksi matematika yang sedang dipelajari.
Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Prinsip induksi matematika yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.
COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:
Mendiskusikan
Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Prinsip induksi matematika.
Mengumpulkan informasi
Mencatat semua informasi tentang materi Prinsip induksi matematika yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Mempresentasikan ulang
Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya Prinsip induksi matematika sesuai dengan pemahamannya.
Saling tukar informasi tentang materi : Prinsip induksi matematika dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Data
processing
(pengolahan
Data) COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
Berdiskusi tentang data dari Materi : Prinsip induksi matematika
Mengolahinformasi dari materi Prinsip induksi matematika yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Prinsip induksi matematika
Verification
(pembuktian) CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi : Prinsip induksi matematika antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
Generalization
(menarik
kesimpulan) COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
Menyampaikan hasil diskusi tentang materi Notasi Integral berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi : Prinsip induksi matematika
Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Prinsip induksi matematika dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
Bertanya atas presentasi tentang materi Prinsip induksi matematika yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
CREATIVITY (KREATIVITAS)
Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang materi : Prinsip induksi matematika
Menjawab pertanyaan tentang materi Prinsip induksi matematika yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi Prinsip induksi matematika yang akan selesai dipelajari
Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Prinsip induksi matematika yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
Catatan : Selama pembelajaran Prinsip induksi matematika berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan
Kegiatan Penutup (15 Menit)
Peserta didik :
Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Prinsip induksi matematika yang baru dilakukan.
Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Prinsip induksi matematika yang baru diselesaikan.
Mengagendakan materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Prinsip induksi matematika
Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Prinsip induksi matematika.
Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran Prinsip induksi matematika kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
3. Pertemuan ketiga (2 x 45 Menit)
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
Guru :
Orientasi
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa untuk memulai pembelajaran
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
Apabila materitema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi : Penerapan induksi matematika pada barisan
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
Mengajukan pertanyaan
Pemberian Acuan
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
Pembagian kelompok belajar
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
Kegiatan Inti ( 60 Menit )
Sintak Model Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan) KEGIATAN LITERASI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Penerapan induksi matematika pada barisan
dengan cara :
Melihat (tanpa atau dengan Alat)
Menayangkan gambar/foto/video yang relevan.
Mengamati
Lembar kerja materi Penerapan induksi matematika pada barisan
Pemberian contoh-contoh materi Penerapan induksi matematika pada barisan untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
Membaca.
Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Penerapan induksi matematika pada barisan
Menulis
Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Penerapan induksi matematika pada barisan.
Mendengar
Pemberian materi Penerapan induksi matematika pada barisan oleh guru.
Menyimak
Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi : Penerapan induksi matematika pada barisan
untuk melatih rasa syukur,kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah) CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
Mengajukan pertanyaan tentang materi Penerapan induksi matematika pada barisan
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
Data
collection
(pengumpulan
data) KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
Mengamati obyek/kejadian
Mengamati dengan seksama materi Penerapan induksi matematika pada barisan
yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
Membaca sumber lain selain buku teks
Secara disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi Penerapan induksi matematika pada barisan
yang sedang dipelajari.
Aktivitas
Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Penerapan induksi matematika pada barisan yang sedang dipelajari.
Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Penerapan induksi matematika pada barisan yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.
COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:
Mendiskusikan
Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Penerapan induksi matematika pada barisan
.
Mengumpulkan informasi
Mencatat semua informasi tentang materi Penerapan induksi matematika pada barisan
yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Mempresentasikan ulang
Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya Penerapan induksi matematika pada barisan
sesuai dengan pemahamannya.
Saling tukar informasi tentang materi : Penerapan induksi matematika pada barisan dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Data
processing
(pengolahan
Data) COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
Berdiskusi tentang data dari Materi : Penerapan induksi matematika pada barisan
Mengolahinformasi dari materi Penerapan induksi matematika pada barisan yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Penerapan induksi matematika pada barisan
Verification
(pembuktian) CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi : Penerapan induksi matematika pada barisan
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
Generalization
(menarik
kesimpulan) COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
Menyampaikan hasil diskusi tentang materi Penerapan induksi matematika pada barisan berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi : Penerapan induksi matematika pada barisan
Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Penerapan induksi matematika pada barisan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
Bertanya atas presentasi tentang materi Penerapan induksi matematika pada barisan yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
CREATIVITY (KREATIVITAS)
Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang materi : Penerapan induksi matematika pada barisan
Menjawab pertanyaan tentang materi Penerapan induksi matematika pada barisan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi Penerapan induksi matematika pada barisanyang akan selesai dipelajari
Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Penerapan induksi matematika pada barisan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
Catatan : Selama pembelajaran Penerapan induksi matematika pada barisan
berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan
Kegiatan Penutup (15 Menit)
Peserta didik :
Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Penerapan induksi matematika pada barisan yang baru dilakukan.
Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Penerapan induksi matematika pada barisan yang baru diselesaikan.
Mengagendakan materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Penerapan induksi matematika pada barisan
Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Penerapan induksi matematika pada barisan.
Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran Penerapan induksi matematika pada barisan
kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
4. Pertemuan keempat (2 x 45 Menit)
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
Guru :
Orientasi
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa untuk memulai pembelajaran
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
Apabila materitema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi : Penerapan induksi matematika pada keterbagian
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
Mengajukan pertanyaan
Pemberian Acuan
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
Pembagian kelompok belajar
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
Kegiatan Inti ( 60 Menit )
Sintak Model Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan) KEGIATAN LITERASI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Penerapan induksi matematika pada keterbagian
dengan cara :
Melihat (tanpa atau dengan Alat)
Menayangkan gambar/foto/video yang relevan.
Mengamati
Lembar kerja materi Penerapan induksi matematika pada keterbagian
Pemberian contoh-contoh materi Penerapan induksi matematika pada keterbagian untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
Membaca.
Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Penerapan induksi matematika pada keterbagian
Menulis
Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Penerapan induksi matematika pada keterbagian.
Mendengar
Pemberian materi Penerapan induksi matematika pada keterbagian oleh guru.
Menyimak
Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi : Penerapan induksi matematika pada keterbagian
untuk melatih rasa syukur,kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah) CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
Mengajukan pertanyaan tentang materi Penerapan induksi matematika pada keterbagian
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
Data
collection
(pengumpulan
data) KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
Mengamati obyek/kejadian
Mengamati dengan seksama materi Penerapan induksi matematika pada keterbagian
yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
Membaca sumber lain selain buku teks
Secara disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi Penerapan induksi matematika pada keterbagian
yang sedang dipelajari.
Aktivitas
Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Penerapan induksi matematika pada keterbagian yang sedang dipelajari.
Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Penerapan induksi matematika pada keterbagian yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.
COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:
Mendiskusikan
Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Penerapan induksi matematika pada keterbagian
.
Mengumpulkan informasi
Mencatat semua informasi tentang materi Penerapan induksi matematika pada keterbagian yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Mempresentasikan ulang
Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya Penerapan induksi matematika pada keterbagian
sesuai dengan pemahamannya.
Saling tukar informasi tentang materi : Penerapan induksi matematika pada keterbagian dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Data
processing
(pengolahan
Data) COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
Berdiskusi tentang data dari Materi : Penerapan induksi matematika pada keterbagian
Mengolahinformasi dari materi Penerapan induksi matematika pada barisan yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Penerapan induksi matematika pada keterbagian
Verification
(pembuktian) CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi : Penerapan induksi matematika pada keterbagian
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
Generalization
(menarik
kesimpulan) COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
Menyampaikan hasil diskusi tentang materi Penerapan induksi matematika pada keterbagian berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi : Penerapan induksi matematika pada keterbagian
Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Penerapan induksi matematika pada keterbagian dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
Bertanya atas presentasi tentang materi Penerapan induksi matematika pada keterbagian yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
CREATIVITY (KREATIVITAS)
Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang materi : Penerapan induksi matematika pada keterbagian
Menjawab pertanyaan tentang materi Penerapan induksi matematika pada keterbagian yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi Penerapan induksi matematika pada keterbagian yang akan selesai dipelajari
Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Penerapan induksi matematika pada keterbagian yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
Catatan : Selama pembelajaran Penerapan induksi matematika pada keterbagian
berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan
Kegiatan Penutup (15 Menit)
Peserta didik :
Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Penerapan induksi matematika pada keterbagian yang baru dilakukan.
Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Penerapan induksi matematika pada keterbagian yang baru diselesaikan.
Mengagendakan materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Penerapan induksi matematika pada keterbagian
Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Penerapan induksi matematika pada keterbagian.
Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran Penerapan induksi matematika pada keterbagian
kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
5. Pertemuan kelima (2 x 45 Menit)
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
Guru :
Orientasi
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa untuk memulai pembelajaran
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
Apabila materitema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi : Penerapan induksi matematika pada ketaksamaan
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
Mengajukan pertanyaan
Pemberian Acuan
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
Pembagian kelompok belajar
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
Kegiatan Inti ( 105 Menit )
Sintak Model Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan) KEGIATAN LITERASI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Penerapan induksi matematika pada ketaksamaan
dengan cara :
Melihat (tanpa atau dengan Alat)
Menayangkan gambar/foto/video yang relevan.
Mengamati
Lembar kerja materi Penerapan induksi matematika pada ketaksamaan
Pemberian contoh-contoh materi Penerapan induksi matematika pada ketaksamaan untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
Membaca.
Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Penerapan induksi matematika pada ketaksamaan
Menulis
Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Penerapan induksi matematika pada ketaksamaan.
Mendengar
Pemberian materi Penerapan induksi matematika pada ketaksamaan oleh guru.
Menyimak
Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi : Penerapan induksi matematika pada ketaksamaan
untuk melatih rasa syukur,kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.
Problem statemen (pertanyaan/identifikasimasalah)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
Mengajukan pertanyaan tentang materi Penerapan induksi matematika pada ketaksamaan
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
Data collection (pengumpulandata)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
Mengamati obyek/kejadian
Mengamati dengan seksama materi Penerapan induksi matematika pada ketaksamaan
yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
Membaca sumber lain selain buku teks
Secara disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi Penerapan induksi matematika pada ketaksamaan
yang sedang dipelajari.
Aktivitas
Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Penerapan induksi matematika pada ketaksamaan yang sedang dipelajari.
Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Penerapan induksi matematika pada ketaksamaan yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.
COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:
Mendiskusikan
Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Penerapan induksi matematika pada ketaksamaan
.
Mengumpulkan informasi
Mencatat semua informasi tentang materi Penerapan induksi matematika pada ketaksamaan
yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Mempresentasikan ulang
Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya Penerapan induksi matematika pada ketaksamaan
sesuai dengan pemahamannya.
Saling tukar informasi tentang materi : Penerapan induksi matematika pada ketaksamaan dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Data
processing
(pengolahan
Data) COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
Berdiskusi tentang data dari Materi : Penerapan induksi matematika pada ketaksamaan
Mengolahinformasi dari materi Penerapan induksi matematika pada ketaksamaan yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Penerapan induksi matematika pada barisan
Verification
(pembuktian) CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi : Penerapan induksi matematika pada ketaksamaan
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
Generalization
(menarik
kesimpulan) COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
Menyampaikan hasil diskusi tentang materi Penerapan induksi matematika pada ketaksamaan berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi : Penerapan induksi matematika pada ketaksamaan Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Penerapan induksi matematika pada ketaksamaan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
Bertanya atas presentasi tentang materi Penerapan induksi matematika pada ketaksamaan yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
CREATIVITY (KREATIVITAS)
Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang materi : Penerapan induksi matematika pada ketaksamaan
Menjawab pertanyaan tentang materi Penerapan induksi matematika pada barisan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi Penerapan induksi matematika pada ketaksamaan yang akan selesai dipelajari
Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Penerapan induksi matematika pada ketaksamaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
Catatan : Selama pembelajaran Penerapan induksi matematika pada ketaksamaan
berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan
Kegiatan Penutup (15 Menit)
Peserta didik :
Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Penerapan induksi matematika pada barisan yang baru dilakukan.
Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Penerapan induksi matematika pada ketaksamaan yang baru diselesaikan.
Mengagendakan materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Penerapan induksi matematika pada ketaksamaan
Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Penerapan induksi matematika pada ketaksamaan.
Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran Penerapan induksi matematika pada ketaksamaan
kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
Penilaian Hasil Pembelajaran
Penilaian Skala Sikap
Keterangan Skor:
1 = (belum terlihat), apabila peserta didik belum memperlihatkan tandatanda awal perilaku sikap yang dinyatakan dalam indikator.
2 = (mulai terlihat), apabila peserta didik mulai memperlihatkan adanya tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator tetapi belum konsisten.
3 = (mulai berkembang), apabila peserta didik sudah memperlihatkan tanda perilaku yang dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten.
4 = (membudaya), apabila peserta didik terus-menerus memperlihatkan perilaku yang dinyatakan dalam indikator secara konsisten.
Skor Maksimal = 16
Nilai = (Skor perolehan)/(skor maksimal) x 100 %
INTRUMEN PENILAIAN SIKAP
Nama Satuan pendidikan : SMANegeri 1 Bandar
Tahun pelajaran : 2017/2018
Kelas/Semester : XI MIPA 4/ Semester 1
Mata Pelajaran : Matematika – Umum
No Nama Pesdik ASPEK Jumlah Nilai
Kerja sama Keaktifan Nilai Tanggung
Jawab
1 ABEL SAPUTRA B
2 AGNES S O M
3 ALBERTUS N
4 ANWARI SANJAYA
5 ARMANSYAH N
6 ARTINA SAHXENA S
7 CATUR RAGA H
8 CHIKA NATASYAH S
9 CHRISTOPEL P
10 DARMA WAHYUDA
11 DEBORA H
12 DIMAS ANGGARA
13 DITYA LARASATI P
14 FACHRIZAL A
15 FADYA MILLANAYA
16 FRANS SIPAYUNG
17 FRANSISKA DEWI
18 IMAM PRAYOGI
19 MIKA RISTA
20 M SAPRIYALDI
21 NURHADIJAH H
22 NURUL AMALIA
23 OMBUN BUHAL S
24 PARNALALLO H
25 POPPY AULIA S
26 RARA AUDIA UTAMI
27 REYNOLD H SINAGA
28 REMINIRASI T
29 SILVIA AZHARI
30 SRI AGUSTINA
31 SUHARTINI
32 SYAFIRA AULIA A
33 TRISNA H
34 TRIE ADITYA P
35 WITRA AUDRIA W
36 WISNU PANDU ALAM
37 YAMALA SUFI
38 ZAHRO
INTRUMEN PENILAIAN SIKAP
Nama Satuan pendidikan : SMANegeri 1 Bandar
Tahun pelajaran : 2017/2018
Kelas/Semester : XI MIPA 5/ Semester 1
Mata Pelajaran : Matematika – Umum
No Nama Pesdik ASPEK Jumlah Nilai
Kerja sama Keaktifan Nilai Tanggungjawab
1 AFRITA
2 ASNITA MEIRANI M
3 ALIVIA NURUL A
4 BELLA PUSPITA LUBIS
5 CALYSTA PUTRI M S
6 CINDY O SIAHAAN
7 DINDA M GULTOM
8 DIANA
9 GRISA NOVITA N
10 ILHAM NURSABANA
11 JOSUA JUMANTORO
12 JAMIN SINAGA
13 LYDIA F F S
14 MARULI TUA SIRAIT
15 MUHAMMAD DEVA
16 NOVITA RIZKY T
17 NOVI ARISKA S
18 NICOLA A O SITORUS
19 PUTRI SANIA
20 PELITA ARIANI H
21 RIZKY JULIAN B
22 RIZKY WANTI N
23 ROMI TIMBUN S
24 RINA PARHUSIP
25 RISMAWATI
26 RONI PERWIRA
27 SRI FADLIATI
28 SALASUNNISA JAMILA
29 SRI WAHYUNI
30 SYAHRU RAMADAN
31 SHOFI SAPUTRI
32 SADRAH SEMBIRING
33 TIKA HANDAYANI S
34 TRIWENI
35 WINDA OKTAVIANI S
36 WISNU PRAYOGA
37 NIRPAN
38 M AZRI MANURUNG
INTRUMEN PENILAIAN SIKAP
Nama Satuan pendidikan : SMANegeri 1 Bandar
Tahun pelajaran : 2017/2018
Kelas/Semester : XI MIPA 6/ Semester 1
Mata Pelajaran : Matematika – Umum
No Nama Pesdik ASPEK Jumlah Nilai
Kerja sama Keaktifan Nilai Tanggung jawab
1 ADISTI MUTIARA P
2 AKBAR MM BANCIN
3 ALVI DWIANSYAH S
4 ALDIANSYAH S
5 AMMA AULIA
6 ANGGI PRATIWI
7 ANJELITA N LUBIS
8 DHEA VATIKA SARI
9 EFFRIYANTI IRENE D
10 FAHMI ANDIKA H
11 FARENDILA NEIWIDI
12 FATWA PRAYOGA
13 GRESYA N SITORUS
14 HOTMIAN A M M
15 JULI WARDANA
16 KEVIN ALVREDO P
17 KRESYA NOVIANTI S
18 NOPITA SARI
19 NOVIANTI FIDYA WARDANI
20 RANI AZHARI
21 RIZKY ENDI AZHAR
22 RIZKY KURNIAWAN
23 RISKI SITORUS
24 RIYANTI SITUMORANG
25 RIO IPAN DONI N
26 SITANGGANG IMMANUEL
27 SURYANI MANALU
28 SYAHRUL M SARAGIH
29 SION
30 TEGAR PRAMONO
31 WIRANDA S
32 YUSPIKA DINI
Perdagangan, 17 Juli 2017
Mengetahui
Kepala SMA Negeri 1 Bandar, Guru Mata Pelajaran,
MARIANI SAMOSIR,S.Pd SULIYAH,SPd
NIP. 196409201988032003 NIP.197110051997022001
2. Instrumen Penilaian Pengetahuan
No Aspek Penilaian Rubrik Penilaian Skor
Kebenaran jawaban awal soal Penyelesaian dihubungkan dengan
konsep induksi matematika 5
1 Sudah menghubungkan penyelesaian
dengan konsep induksi matematika namun
belum benar 3
Penyelesaian sama sekali tidak dihubungkan
dengan konsep induksi matematika 1
Tidak ada respon/jawaban 0
2 Kebenaran jawaban akhir soal Jawaban benar 5
Jawaban hampir benar 3
Jawaban salah 1
Tidak ada respon/jawaban 0
3 Proses perhitungan Proses perhitungan benar 5
Proses perhitungan sebagian besar benar 3
Proses perhitungan sebagian kecil
saja yang benar 2
Proses perhitungan sama sekali salah 1
Tidak ada respon/jawaban 0
Total Skor maksimal = 15
Skor minimal = 0
3. Instrumen Penilaian Keterampilan
(Penilaian kinerja dalam menyelesaikan tugas Presentasi)
Keterangan Skor:
Komunikasi: Sistematika Penyampaian:
1 = Tidak dapat berkomunikasi 1 = Tidak sistematis
2 = Komunikasi agak lancar, tetapi 2 = Sistematis, uraian kurang, tidak sulit dimengerti jelas
3 = Komunikasi lancar, tetapi 3 = Sistematis, uraian cukup kurang jelas dimengerti
4 = Komunikasi sangat lancar, 4 = Sistematis, uraian luas, jelas benar, dan jelas
Penguasaan Materi: Keberanian:
1 = Tidak menunjukkan 1 = Tidak ada keberanian pengetahuan/materi
2 = Sedikit memiliki 2 = Kurang berani pengetahuan/materi
3 = Memiliki pengetahuan/ 3 = Berani materi tetapi kurang luas
4 = Memiliki pengetahuan/ 4 = Sangat berani materi yang luas
Antusias:
1 = Tidak antusias
2 = Kurang antusias
3 = Antusias tetapi kurang kontrol
4 = Antusias dan terkontrol
Skor Maksimal = 20
Nilai = (Skor perolehan)/(skor maksimal) x 100 %
INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN
Nama Satuan pendidikan : SMANegeri 1 Bandar
Tahun pelajaran : 2017/2018
Kelas/Semester : XI MIPA 4/ Semester 1
Mata Pelajaran : Matematika – Umum
No NamaPesdik A s p e k Jm
Skor Nilai
Komu-
nikasi Sistematika
penyampaian Penguasaan
Materi Keberanian Antusias
1 ABEL SAPUTRA B
2 AGNES S O M
3 ALBERTUS N
4 ANWARI S
5 ARMANSYAH N
6 ARTINA S S
7 CATUR RAGA H
8 CHIKA N S
9 CHRISTOPEL P
10 DARMA W
11 DEBORA H
12 DIMAS A
13 DITYA L
14 FACHRIZAL A
15 FADYA M
16 FRANS S
17 FRANSISKA D
18 IMAM PRAYOGI
19 MIKA RISTA
20 M SAPRIYALDI
21 NURHADIJAH H
22 NURUL AMALIA
23 OMBUN BUHAL S
24 PARNALALLO H
25 POPPY AULIA S
26 RARA AUDIA U
27 REYNOLD H S
28 REMINIRASI T
29 SILVIA AZHARI
30 SRI AGUSTINA
31 SUHARTINI
32 SYAFIRA A
33 TRISNA H
34 TRIE ADITYA P
35 WITRA AUDRIA
36 WISNU PANDU A
37 YAMALA SUFI
38 ZAHRO
INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN
Nama Satuan pendidikan : SMANegeri 1 Bandar
Tahun pelajaran : 2017/2018
Kelas/Semester : XI MIPA 5/ Semester 1
Mata Pelajaran : Matematika – Umum
No NamaPesdik A s p e k Jm
Skor Nilai
Komu-
nikasi Sistematika
penyampaian Penguasaan
Materi Keberanian Antusias
1 AFRITA
2 ASNITA MEIRANI
3 ALIVIA NURUL A
4 BELLA PUSPITA L
5 CALYSTA PUTRI
6 CINDY O S
7 DINDA M G
8 DIANA
9 GRISA NOVITA N
10 ILHAM N
11 JOSUA J
12 JAMIN SINAGA
13 LYDIA F F S
14 MARULI TUA S
15 MUHAMMAD D
16 NOVITA RIZKY T
17 NOVI ARISKA S
18 NICOLA A O S
19 PUTRI SANIA
20 PELITA ARIANI H
21 RIZKY JULIAN B
22 RIZKY WANTI N
23 ROMI TIMBUN S
24 RINA PARHUSIP
25 RISMAWATI
26 RONI PERWIRA
27 SRI FADLIATI
28 SALASUNNISA J
29 SRI WAHYUNI
30 SYAHRU R
31 SHOFI SAPUTRI
32 SADRAH S
33 TIKA H
34 TRIWENI
35 WINDA O
36 WISNU P
37 NIRPAN
38 M AZRI MANURUNG
INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN
Nama Satuan pendidikan : SMANegeri 1 Bandar
Tahun pelajaran : 2017/2018
Kelas/Semester : XI MIPA 4/ Semester 1
Mata Pelajaran : Matematika – Umum
No NamaPesdik A s p e k Jm
Skor Nilai
Komu-
nikasi Sistematika
penyampaian Penguasaan
Materi Keberanian Antusias
1 ADISTI MUTIARA
2 AKBAR MM B
3 ALVI D
4 ALDIANSYAH S
5 AMMA AULIA
6 ANGGI PRATIWI
7 ANJELITA N L
8 DHEA VATIKA S
9 EFFRIYANTI
10 FAHMI ANDIKA
11 FARENDILA N
12 FATWA P
13 GRESYA N S
14 HOTMIAN A M
15 JULI WARDANA
16 KEVIN ALVREDO
17 KRESYA N
18 NOPITA SARI
19 NOVIANTI FIDYA
20 RANI AZHARI
21 RIZKY ENDI A
22 RIZKY K
23 RISKI SITORUS
24 RIYANTI S
25 RIO IPAN DONI
26 SITANGGANG
27 SURYANI
28 SYAHRUL M S
29 SION
30 TEGAR P
31 WIRANDA S
32 YUSPIKA DINI
Tidak ada komentar:
Posting Komentar