Kamis, 19 April 2018

SILABUS MATEMATIKA UMUM KELAS XI

SILABUS MATA PELAJARAN MATEMATIKA (UMUM)

Satuan Pendidikan    :   SMA
Kelas                             :  XI
Kompetensi Inti          : 

KI 3    :    Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya,dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dankejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajianyang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

KI 4    :    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah  abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya disekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan

Kompetensi Dasar    Materi Pokok    Pembelajaran    Penilaian    Alokasi Waktu    Sumber Belajar

3.1 Menjelaskan metode pembuktian pernyataan matematis berupa barisan, ketidaksamaan,keterbagian dengan induksi matematika.
.


   
Induksi Matematika   
Mengamati
mengamati masalah yang berkaitan dengan pernyataan matematis berupa barisan,ketidaksamaan,keterbagian yang akan diuji kebenarannya

Menanya
Bertanya tentang apa saja yang belum dipahami tentang masalah yang berkaitan dengan pernyataan matematis berupa barisan, ketidaksamaan,keterbagian yang akan diuji kebenarannya

Mengeksplorasi
Membimbing siswa untuk menemukan informasi yang disajikan pada setiap
Masalah  dan menguji pemahaman siswa terhadap pemecahan masalah, dengan mengajukan
pertanyaan yang berkaitan dengan Masalah pernyataan matematis  berupa barisan, ketidaksamaan,keterbagian yang akan diuji kebenarannya

Mengasosiasi
Menganalisis dan membuat kategori dari unsur-unsur yang terdapat pada pernyataan matematis  berupa barisan, ketidaksamaan,keterbagian yang akan diuji kebenarannya kemudian menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan sehingga dapat dibuat kesimpulan mengenai induksi matematika.

Mengomunikasikan
Menyampaikan pengertian, memahami prinsip induksi matematika, yang
dinyatakan pada Prinsip 1.1 pada buku siswa. memastikan siswa memahami prinsip tersebut melalui mengajukan pertanyaan-pertanyaan, misalnya bagaimana pembuktian formula yang diperoleh melalui Masalah dengan lisan, dan tulisan.   
Tugas
Mencari dan membaca metode pembuktian pernyataan matematis berupa barisan, ketidaksamaan,keterbagian dengan induksi matematika.
Mengerjakan latihan soal-soal mengenai metode pembuktian pernyataan matematis berupa barisan, ketidaksamaan,keterbagian dengan induksi matematika.


Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang sudah diselesaikan, kemudian membuat refleksi diri.

Tes
Tes tertulis bentuk uraian mengenai penyelesaian masalah sederhana yang terkait dengan metode pembuktian pernyataan matematis berupa barisan, ketidaksamaan,keterbagian dengan induksi matematika.
.   
14  jam pelajaran   
•    Buku Teks Pelajaran Matematika kelas XI.
•    Buku referensi dan artikel.
•    Internet.   

4.1 Menggunakan metode pembuktian induksi matematika untuk menguji pernyataan matematis berupa barisan,ketidaksamaan,keterbagian.                   


3.2 Menjelaskan pertidaksamaan linear dua variabel dan penyelesaiannya dengan menggunakan masalah kontekstual    
Program Linier   
Mengamati
mencermati masalah yang berkaitan dengan konsep  pertidaksamaan linear dua variabel
Menanya
Memberi ransangan untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan terkait
Masalah yang berkaitan dengan sistem pertidaksamaan linier dua variabel. Jika tidak ada siswa yang mengajukan
pertanyaan, guru harus mengajukan pertanyaan-pertanyaan kepada siswa
untuk memastikan pemahaman siswa.

Mengeksplorasi
Menentukan unsu-unsur yang terdapat pada masalah yang berkaitan dengan sistem pertidaksamaan linier dua variabel , menemukan
dan mengumpulkan informasi yang ditemukan pada masalah tersebut,
sedemikian sehingga siswa dapat memahami model matematika yang
disajikan serta mengarahkan siswa berdiskusi dalam kelompok belajar untuk menalar informasi
yang disajikan
Mengasosiasi
Menganalisis dan membuat kategori dari unsur-unsur yang terdapat masalah yang berkaitan dengan sistem pertidaksamaan linier dua variabel, kemudian menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan sehingga dapat dibuat kesimpulan mengenai pengertian program linier dua variabel.

Mengomunikasikan
Menyampaikan pengertian program linier dua variabel dan penerapannya dalam penyelesaian masalah nyata yang terkait sistem pertidaksamaan linier dua variabel dengan lisan, tulisan, dan bagan.   
Tugas
•    Membaca mengenai pengertian pertidaksamaan linear dua variabel dan penyelesaiannya, dan masalah nyata yang terkait pertidaksamaan linear dua variabel dan penyelesaiannya.

•    Mengerjakan latihan soal-soal mengenai program linier, dan penerapannya dalam penyelesaian masalah nyata yang sederhana.

Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang sudah diselesaikan, kemudian membuat refleksi diri.

Tes
Tes tertulis bentuk uraian mengenai pertidaksamaan linear dua variabel dan penyelesaiannya, dan penerapannya dalam penyelesaian masalah nyata yang sederhana.   
20  jam pelajaran   
•    Buku Teks Pelajaran Matematika kelas XI.
•    Buku referensi dan artikel.
•    Internet.
 4.2 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan program linear dua variabel.

                   

3.3.    Menjelaskan matriks dan kesamaan matriks dengan menggunakan masalah kontekstual dan melakukan operasi pada matriks yang meliputi penjumlahan,pengurangan, perkalian skalar,dan perkalian, serta transpos.
    Matriks     Mengamati
Membaca , memperhatikan dan memahami masalah pada buku
siswa. Dan mengarahkan siswa menemukan matriks dari berbagai situasi nyata yang dekat dengan kehidupan siswa

Menanya
Mengupayakan untuk bertanya tentang hubungan susunan benda
ataupun angka terhadap konsep matriks.Dan memastikan kelompok dapat bekerja sama dalam merumuskan konsep yang akan dicapai dengan melemparkan ataupun merangsang siswa untuk bertanya..

Mengeksplorasi
Menentukan unsur-unsur yang terdapat pada matriks dan operasinya, dan masalah nyata yang disajikan dalam model matematika, serta penyelesaiannya.

Mengasosiasi
Menganalisis dan membuat kategori dari unsur-unsur yang terdapat pada matriks dan operasinya, dan masalah nyata yang disajikan dalam model matematika, serta penyelesaiannya, kemudian menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan sehingga dapat dibuat kesimpulan mengenai matriks dan operasinya, dan masalah nyata yang disajikan dalam model matematika, serta penyelesaiannya.

Mengomunikasikan
Menyampaikan pengertian matriks dan operasinya, dan masalah nyata yang disajikan dalam model matematika, serta penyelesaiannya dengan lisan, dan tulisan.    Tugas
•    Membaca mengenai matriks dan operasinya, dan masalah nyata yang disajikan dalam model matematika, serta penyelesaiannya.
•    Mengerjakan latihan soal-soal mengenai matriks dan operasinya, dan masalah nyata yang disajikan dalam model matematika, serta penyelesaiannya.

Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang sudah diselesaikan, kemudian membuat refleksi diri.

Tes
Tes tertulis bentuk uraian mengenai matriks dan operasinya, dan masalah nyata yang disajikan dalam model matematika, serta penyelesaiannya.    9 jam pelajaran    •    Buku Teks Pelajaran Matematika kelas Xi.
•    Buku referensi dan artikel.
•    Internet.


4.3 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan matriks dan operasinya



                   
                   

3.4 Menganalisis sifat-sifat determinan dan invers matriks berordo 2 × 2 dan 3 × 3.
   
Determinan Matriks   
Mengamati
Membaca  dan mengamati setiap masalah-masalah pada buku
siswa yang berkaitan dengan determinan dan invers matriks.Memberikan kesempatan siswa untuk merancang model determinan matriks dari setiap permasalahan yang ada dan mendiskusikan penyelesaian sederhana dari model determinan matriks tersebut.
Menanya
Menanya tentang solusi alternatif yang dapatditemukan dan memastikan kelompok dapat bekerja sama dalam merumuskan
konsep yang akan dicapai dengan melemparkan ataupun merangsang
siswa untuk bertanya.

Mengeksplorasi
Mendiskusikan permasalahan yang terdapat pada setiap buku siswa sehingga diperoleh penyelesaian yang berkaitan dengan determinan matriks

Mengasosiasi
Menganalisis dan membuat kategori dari unsur-unsur yang terdapat pada determinan matriks berordo 2x2 dan 3x3, kemudian menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan sehingga dapat dibuat kesimpulan mengenai pengertian determinan matriks berordo 2x2 dan 3x3.

Mengomunikasikan
Menyampaikan pengertian determinan matriks berordo 2x2 dan 3x3, dan cara mengidentifikasi berbagai penyajian determinan matriks berordo 2x2 dan 3x3 dengan lisan, tulisan, dan bagan.   
Tugas
•    Membaca mengenai pengertian determinan matriks berordo 2x2 dan 3x3.
•    Mengerjakan latihan soal-soal yang terkait determinan matriks berordo 2x2 dan 3x3.

Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang sudah diselesaikan, kemudian membuat refleksi diri.

Tes
Tes tertulis bentuk uraian mengenai yang terkait determinan matriks berordo 2x2 dan 3x3   
6  jam pelajaran   
•    Buku Teks Pelajaran Matematika kelas XI.
•    Buku referensi dan artikel.
•    Internet.
4.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan determinan dan invers matriks berordo 2 ×2 dan 3 × 3.
.                   

                   

3.5 Menganalisis dan membandingkan transformasi dan komposisi transformasi dengan menggunakan matriks


   
Transformasi   
Mengamati
Mengamati masalah yang berkaitan dengan matriks transformasi geometri(translasi, refleksi, dilatasi, dan rotasi) dan memberi kesempatan kepada siswa untuk memahami sifat transformasi dan komposisi transformasi
dengan mengamati benda-benda yang bergerak di lingkungan sekitar
tersebut serta mengarahkan siswa fokus pada bentuk dan ukuran benda-benda
yang bergerak tersebut serta memperagakan pergerakan benda-benda  yang berkaitan dengan transformasi dan komposisi transformasi di depan kelas
sebagai media.
Menanya
Membuat pertanyaan mengenai masalah yang berkaitan dengan matriks transformasi geometri(translasi, refleksi, dilatasi, dan rotasi), menyajikan masalah nyata  yang berkaitan dengan matriks transformasi geometri(translasi, refleksi, dilatasi, dan rotasi)

 Mengeksplorasi
Menentukan unsur-unsur yang terdapat pada berbagai ekspresi yangdapat diubah menjadi  matriks transformasi geometri(translasi, refleksi, dilatasi, dan rotasi), penyajian masalah nyata dalam ekspresi matriks transformasi geometri(translasi, refleksi, dilatasi, dan rotasi).

Mengasosiasi
Menganalisis dan membuat kategori dari unsur-unsur yang terdapat pada berbagai ekspresi yang dapat diubah matriks transformasi geometri(translasi, refleksi, dilatasi, dan rotasi)., penyajian masalah nyata dalam ekspresi matriks transformasi geometri(translasi, refleksi, dilatasi, dan rotasi)., kemudian menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan sehingga dapat dibuat kesimpulan mengenai cara mengubah berbagai ekspresi menjadi matriks transformasi geometri(translasi, refleksi, dilatasi, dan rotasi)., menyajikan masalah nyata dalam ekspresi matriks transformasi geometri(translasi, refleksi, dilatasi, dan rotasi).
Mengomunikasikan
Menyampaikan cara mengubah berbagai ekspresi matriks transformasi geometri(translasi, refleksi, dilatasi, dan rotasi)., , menyajikan masalah nyata dalam ekspresi matriks transformasi geometri(translasi, refleksi, dilatasi, dan rotasi). dengan lisan, tulisan, dan bagan.   
Tugas
•    membaca mengenai berbagai ekspresi yang dapat diubah menjadi matriks transformasi geometri(translasi, refleksi, dilatasi, dan rotasi)., penyajian masalah nyata dalam ekspresi matriks transformasi geometri(translasi, refleksi, dilatasi, dan rotasi)..
•    Mengerjakan latihan soal-soal mengenai matriks transformasi geometri(translasi, refleksi, dilatasi, dan rotasi)..


Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang sudah diselesaikan, kemudian membuat refleksi diri.

Tes
Tes tertulis bentuk uraian yang terkait dengan mengubah berbagai ekspresi menjadi matriks transformasi geometri(translasi, refleksi, dilatasi, dan rotasi)., menyajikan masalah nyata dalam ekspresi matriks transformasi geometri(translasi, refleksi, dilatasi, dan rotasi)..   
36 jam pelajaran   
•    Buku Teks Pelajaran Matematika kelas XI.
•    Buku referensi dan artikel.
•    Internet.

4.5 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan matriks transformasi geometri(translasi, refleksi, dilatasi, dan rotasi)                   
3.6 Menggeneralisasi pola bilangan dan jumlah pada barisan Aritmetika dan Geometri

   
Barisan    
Mengamati
Membaca dan mengamati masalah yang berkaitan dengan pola barisan dan jumlah pada barisan aritmatika dan geometri.

Menanya
Membuat pertanyaan mengenai  hubungan susunan benda ataupun angka terhadap konsep barisan dan barisan aritmatika dan geometri dan memastikan kelompok dapat bekerja sama dalam merumuskankonsep yang  akan dicapai dengan melemparkan ataupun merangsang siswa untuk bertanya.

Mengeksplorasi
Menentukan unsur-unsur yang terdapat pada barisan dan barisan aritmetika dan geometri dari setiap permasalahan yang ada .Mendiskusikan permasalahan yang terdapat
pada setiap buku siswa sehingga diperoleh keterkaitan masalah
yang membentuk asumsi awal terhadap konsep barisan dan barisan
aritmetika dan geometri.

Mengasosiasi
Menganalisis dan membuat kategori dari unsur-unsur yang terdapat pada barisan dan barisan aritmetika dan geometri, serta masalah nyata yang berkaitan dengan barisan dan barisan aritmetika dan geometri, kemudian menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan sehingga dapat dibuat kesimpulan mengenai pengertian barisan dan barisan aritmetika dan geometri, serta cara menyelesaikan masalah nyata yang berkaitan dengan barisan dan barisan aritmetika dan geometri.


Mengomunikasikan
Menyampaikan pengertian barisan dan barisan aritmetika dan geometri, serta cara menyelesaikan masalah nyata yang berkaitan barisan dan barisan aritmetika dan geometri dengan lisan, tulisan, dan bagan.   
Tugas
•    Membaca dan mengamati, pengertian, gambar, dan peraga mengenai barisan dan barisan aritmetika dan geometri, serta masalah nyata yang berkaitan dengan barisan dan barisan aritmetika dan geometri.
•    Mengerjakan latihan soal-soal mengenai memprediksi dan menemukan pola-pola barisan dan deret aritmatika dan geometri.

Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang sudah diselesaikan, kemudian membuat refleksi diri.

Tes
Tes tertulis bentuk uraian mengenai barisan dan barisan aritmetika dan geometri, serta cara menyelesaikan masalah nyata yang berkaitan dengan barisan dan barisan aritmetika dan geometri.   
18  jam pelajaran   
•    Buku Teks Pelajaran Matematika kelas XI.
•    Buku referensi dan artikel.
•    Internet.
4.6 Menggunakan pola barisan aritmetika atau geometri untuk menyajikan dan menyelesaikan masalah kontekstual (termasukpertumbuhan, peluruhan,bunga majemuk, dan anuitas)
                   
3.7 Menjelaskan limit fungsi aljabar (fungsi polinom dan fungsi r a s i o n a l ) s e c a r a intuitif dan sifat sifatnya,menentukan eksistensi


   
Limit Fungsi
   
Mengamati
Mengamati gambar (masalah nyata) yang berkaitan dengan limit fungsi aljabar(fungsi polinom dan fungsi rasional).)

Menanya
Membuat pertanyaan  untuk membantu siswa memahami hubungan gambar (masalah nyata) dengan limit fungsi aljabar(fungsi polinom dan fungsi rasional


Mengeksplorasi
Menentukan unsur-unsur yang terdapat pada perbandingan trigonometri, hubunganantar perbandingan trigonometri padasegitiga siku-siku dan sudut pada setiap kuadran, dan penerapannya pada masalah nyata dan matematika, fungsi, nilai fungsi trigonometri dari sudut-sudut istimewa dan grafik fungsi trigonometri.

Mengasosiasi
Menganalisis dan membuat kategori dari unsur-unsur yang terdapat pada limit fungsi aljabar (fungsi polinom dan fungsi r a s i o n a l )  dan sifat sifatnya, dan penerapannya pada masalah nyata dan matematika, limit fungsi aljabar (fungsi polinom dan fungsi r a s i o n a l )  dan sifat sifatnya, kemudian menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan sehingga dapat dibuat kesimpulan mengenai pengertian limit fungsi aljabar (fungsi polinom dan fungsi r a s i o n a l )  dan sifat sifatnya, dan penerapannya pada masalah nyata dan matematika, limit fungsi aljabar (fungsi polinom dan fungsi r a s i o n a l ) dan sifat sifatnya.

Mengomunikasikan
Menyampaikan pengertian perbandingan trigonometri, hubunganantar perbandingan trigonometri padasegitiga siku-siku dan sudut pada setiap kuadran, dan penerapannya pada masalah nyata dan matematika, fungsi, nilai fungsi trigonometri dari sudut-sudut istimewa dan grafik fungsi   trigonometri dengan lisan, tulisan, dan bagan.   
Tugas
•    Membaca mengenai pengertian limit fungsi aljabar (fungsi polinom dan fungsi r a s i o n a l ) dan sifat sifatnya, dan penerapannya pada masalah nyata dan matematika, limit fungsi aljabar (fungsi polinom dan fungsi r a s i o n a l ) dan sifat sifatnya.
•    Mengerjakan latihan soal-soal yang terkait dengan limit fungsi aljabar (fungsi polinom dan fungsi r a s i o n a l ) dan sifat sifatnya, dan penerapannya pada masalah nyata dan matematika, limit fungsi aljabar (fungsi polinom dan fungsi r a s i o n a l ) dan sifat sifatnya.
   
Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang sudah diselesaikan, kemudian membuat refleksi diri.

Tes
Tes tertulis bentuk uraian mengenai perbandingan trigonometri, hubunganantar perbandingan trigonometri padasegitiga siku-siku dan sudut pada setiap kuadran, dan penerapannya pada masalah nyata dan matematika, fungsi, nilai fungsi trigonometri dari sudut-sudut istimewa dan grafik fungsi trigonometri.   
18 jam pelajaran   
•    Buku Teks Pelajaran Matematika kelas XI.
•    Buku referensi dan artikel.
•    Internet. 
                   
 4.7 Menyelesaikan masalah yang berkaitan denganlimit fungsi aljabar                   
3.8 Menjelaskan sifat-sifat turunan fungsi aljabar dan menentukan turunan fungsi aljabar


   
Turunan Fungsi Aljabar   
Mengamati
Mengamati berbagai contoh nyata
aplikasi turunan dalam kehidupan sehari-hari, seperti masalah
kecepatan, percepatan, masalah nilai optimal, dan lain-lain.
Menanya
Mengajukan berbagai pertanyaan terkait gambar (masalah nyata ) untuk membantu siswa memahami hubungan masalah nyata  dengan sifat-sifat turunan fungsi aljabar dan menentukan turunan fungsi aljabar
.
Mengeksplorasi
Menentukan unsur-unsur yang terdapat pada masalah yang berkaitan dengan sifat-sifat turunan fungsi aljabar dan menentukan turunan fungsi aljabar
Mengasosiasi
Menganalisis dan membuat kategori dari unsur-unsur yang terdapat pada berbagai masalah yang berkaitan dengan turunan fungsi aljabar, kemudian menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan sehingga dapat dibuat kesimpulan tentang  sifat-sifat turunan fungsi aljabar dan menentukan turunan fungsi aljabar
Mengomunikasikan
Menyampaikan pengertian turunan fungsi aljabar, dan penerapannya pada masalah nyata dan matematika menentukan turunan fungsi aljabar dengan lisan, tulisan, dan bagan.
   
Tugas
•    Mencari dan membaca ekspresi turunan fungsi aljabar.
•    Mengerjakan latihan soal-soal mengenai sifat-sifat turunan fungsi aljabar dan menentukan turunan fungsi aljabar


Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang sudah diselesaikan, kemudian membuat refleksi diri.

Tes
Tes tertulis bentuk uraian mengenai penyelesaian masalah sederhana yang terkait dengan sifat-sifat turunan fungsi aljabar dan menentukan turunan fungsi aljabar
.   
18  jam pelajaran   
•    Buku Teks Pelajaran Matematika kelas XI.
•    Buku referensi dan artikel.
•    Internet.   
4.8 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan turunan fungsi aljabar
                   
                   
3.9 Menganalisis keberkaitanan turunan pertama fungsi dengan nilai maksimum, nilai minimum, dan selang kemonotonan fungsi, serta kemiringan garis singgung kurva    Aplikasi Turunan    Mengamati
Mengamati Gambar yang berkaitan dengan kemonotonan fungsi untuk memahami defenisi fungsi naik dan turun dari gambar-gambar.


Menanya
Mengajukan berbagai pertanyaan terkait gambar (masalah nyata ) untuk membantu siswa memahami hubungan masalah nyata  dengan keberkaitanan turunan pertama fungsi dengan nilai maksimum, nilai minimum, dan selang kemonotonan fungsi, serta kemiringan garis singgung kurva
.

Mengeksplorasi
Menentukan unsur-unsur yang terdapat pada masalah yang berkaitan dengan titik maksimum, titik minimum, dan selang kemonotonan fungsi,serta kemiringan garis singgung kurva, persamaan garis singgung, dan garis normal kurva
Mengasosiasi
Menganalisis dan membuat kategori dari unsur-unsur yang terdapat pada berbagai masalah yang berkaitan dengan t titik maksimum, titik minimum, dan selang kemonotonan fungsi,serta kemiringan garis singgung kurva, persamaan garis singgung, dan garis normal kurva, kemudian menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan sehingga dapat dibuat kesimpulan tentang  cara menentukan titik maksimum, titik minimum, dan selang kemonotonan fungsi,serta kemiringan garis singgung kurva, persamaan garis singgung, dan garis normal kurva dengan menggunakan turunan pertama.
.

Mengomunikasikan
Menyampaikan  cara menentukan titik maksimum, titik minimum, dan selang kemonotonan fungsi,serta kemiringan garis singgung kurva, persamaan garis singgung, dan garis normal kurva dengan menggunakan turunan pertama dengan lisan, tulisan, dan bagan    Tugas
•    Mencari dan membaca ekspresi cara menentukan titik maksimum, titik minimum, dan selang kemonotonan fungsi,serta kemiringan garis singgung kurva, persamaan garis singgung, dan garis normal kurva dengan menggunakan turunan pertama.
•    Mengerjakan latihan soal-soal mengenai cara menentukan titik maksimum, titik minimum, dan selang kemonotonan fungsi,serta kemiringan garis singgung kurva, persamaan garis singgung, dan garis normal kurva dengan menggunakan turunan pertama


Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang sudah diselesaikan, kemudian membuat refleksi diri.

Tes
Tes tertulis bentuk uraian mengenai cara menentukan titik maksimum, titik minimum, dan selang kemonotonan fungsi,serta kemiringan garis singgung kurva, persamaan garis singgung, dan garis normal kurva dengan menggunakan turunan pertama
    18  jam pelajaran    •    Buku Teks Pelajaran Matematika kelas XI.
•    Buku referensi dan artikel.
Internet
4.9 Menggunakan turunan pertama fungsi untuk menentukan titik maksimum, titik minimum, dan selang kemonotonan fungsi,serta kemiringan garis singgung kurva, persamaan garis singgung, dan garis normal kurva berkaitan dengan masalah kontekstual

                   
3.10 Mendeskripsikan dan menganalisis sifat-sifatnya berdasarkan sifat-sifat turunan fungsi.
    Integral Tak Tentu    Mengamati
Mengamati masalah yang berkaitan dengan integral tak tentu (antiturunan) fungsi aljabar dan sifat-sifatnya.


Menanya
Mengajukan berbagai pertanyaan terkait masalah nyata  untuk membantu siswa memahami hubungan masalah nyata  dengan integral tak tentu (antiturunan) fungsi aljabar dan sifat-sifatnya.

Mengeksplorasi
Menentukan unsur-unsur yang terdapat pada masalah yang berkaitan dengan integral tak tentu (antiturunan) fungsi aljabar

Mengasosiasi
Menganalisis dan membuat kategori dari unsur-unsur yang terdapat pada berbagai masalah yang berkaitan dengan integral tak tentu (antiturunan) fungsi aljabar dansifat-sifatnya, kemudian menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan sehingga dapat dibuat kesimpulan integral tak tentu (antiturunan) fungsi aljabar dan sifat-sifatnya.

Mengomunikasikan
Menyampaikan  integral tak tentu (antiturunan) fungsi aljabar dan sifat-sifatnya dengan lisan, tulisan, dan bagan    Tugas
•    Mencari dan membaca ekspresi integral tak tentu (antiturunan) fungsi aljabar dan sifat-sifatnya.
•    Mengerjakan latihan soal-soal mengenai integral tak tentu (antiturunan) fungsi aljabar dan sifat-sifatnya


Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang sudah diselesaikan, kemudian membuat refleksi diri.

Tes
Tes tertulis bentuk uraian mengenai integral tak tentu (antiturunan) fungsi aljabar dan sifat-sifatnya.
    10  jam pelajaran    •    Buku Teks Pelajaran Matematika kelas XI.
•    Buku referensi dan artikel.
Internet
4.10 Menyelesaikan masalah yang berkaitan Dengan i n t e g r a l t a k t e n t u (antiturunan) fungsi aljabar                   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LPTQ CABDIS WILAYAH VI "SABET" 12 PIALA MTQ TINGKAT PELAJAR SMA/SMK PROVINSI SUMATERA UTARA

LPTQ Cabdis wilayah VI menyabet 12 piala dari 5 cabang lomba musabaqoh Tilawatil Qur'an tingkat pelajar SMA/SMK provinsi Sumatera Utara ...